Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh e-commerce, harga dan ease of use terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN Syahada Padangsidimpuan

Siregar, Rohayah (2024) Pengaruh e-commerce, harga dan ease of use terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah UIN Syahada Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200260.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kurangnya kesadaran mahasiswa program studi ekonomi syariah terhadap pembelian di e-commerce secara terus menerus tanpa pertimbangan yang matang atau memikirkan risiko yang terjadi. Selain itu sebagian mahasiswa program studi ekonomi syariah membeli suatu produk karena adanya potongan harga membuat mahasiswa semakin termotivasi untuk membeli barang tanpa memperhatikan kegunaan barang serta adanya fenomena perilaku konsumtif yang tidak sesuai dengan perilaku konsumen Muslim. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah e-commerce, harga dan ease of use berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-commerce, harga dan ease of use terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan perilaku konsumtif. Metodologi di dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 91 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi berganda, uji determinasi (R2), uji t (parsial) dan uji F (simultan) dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan, ada pengaruh harga terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan, tidak ada pengaruh ease of use terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan dan ada pengaruh e-commerce, harga dan ease of use secara simultan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan dengan nilai Fhitung untuk variabel e-commerce, harga dan ease of use sebesar 49,561 dan Ftabel ¬2,15. Hal ini menunjukkan bahwa e-commerce, harga dan ease of use secara bersama-sama menjadi hal yang dipertimbangkan mahasiswa dalam berperilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd dan Ja’far Nasution, M.E.I
Keywords: Ease of use; E-commerce; Harga; Perilaku konsumtif
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:33
Last Modified: 22 Jul 2024 04:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10644

Actions (login required)

View Item View Item