Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh media loose parts terhadap pengembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan

Harahap, Gusnita Sari (2024) Pengaruh media loose parts terhadap pengembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu terdapat 12 dari 20 anak kreativitasnya masih rendah, dimana ditandai dengan anak yang belum bisa menciptakan karya sederhana seperti menuangkan pengalaman dalam bentuk gambar, membuat bentuk-bentuk dari berbagai macam media pembelajaran dan anak juga belum bisa membuat suatu karya sederhana yang sesuai dengan imajinasinya sendiri, karena anak lebih mencontoh hasil karya yang telah dibuat guru dan temannya. Sehingga kemampuan kreativitas anak tidak berkembang dengan maksimal, padahal anak itu memiliki rasa ingin tahu yang besar, percaya diri, dan mandiri dan anak senang bertanya dan media yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak hanya terpaut pada kegiatan menggambar dan mewarnai. Berdasarkan latar belakang di atas, maka alternatif yang digunakan peneliti dalam memecahkan masalah ini dengan menggunakan media loose parts. Melalui media loose parts anak akan menjadi kreatif, karena mereka bebas berkreasi membonglar pasang bahan ajar sesuai dengan imajinasi mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh media Loose Parts terhadap pengembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi,wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitiam ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yakni ada pengaruh media loose parts terhadap pengembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan rumus uji t yanng dilakukan bahwa diperoleh T hitung = 4,416 > T tabel = 1.72913 dengan taraf signifikan 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media loose parts terhadap pengembangan kreativitas anak Usia 4-5 tahun di TK Gusnita Losung Batu Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Sakinah Siregar, M.Pd
Keywords: Pengembangan kreativitas; Loose parts; Anak usia dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:57
Last Modified: 22 Jul 2024 02:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10640

Actions (login required)

View Item View Item