Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan

Fitriana, Marlina (2019) Peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 202 00013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya Motivasi Belajar dan rendahnya Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS). Penelitan ini bertujuan untuk melihat Peningkatan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran Think Pair and Share ( TPS ) pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-1 di MTs Negeri 2 Padangsidimpuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Padangsidimpuan tahun 2017/2018 sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS). Motivasi Belajar dipenelitian awal dengan persentase pada hasil angket pertemuan awal dengan nilai angket tinggi berjumlah 24,49%. Pada siklus I pertemuan pertama mencapai 34,01%. Pada siklus I pertemuan kedua mencapai 50,68%. Pada siklus II pertemuan pertama mencapai 66,90%. Pada siklus II pertemuan kedua mencapai 86,40%. Tes peningkatan berpikir kritis siswa dari tes awal ke siklus I sampai siklus II. Dimana, pada tes awal rata-rata nilai siswa 77,26 kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa 79,38 menjadi 81,57 pada siklus II dari 84,40 menjadi 88,83. Persentase siswa yang tuntas berpikir kritis pada tes awal 40,48% kemudian meningkat pada siklus I dari 50% menjadi 61,90%, dan pada siklus II dari 80,95% menjadi 92,85%.Maka menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran think pair and share (TPS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: motivasi belajar; berpikir kritis matematika; think pair and share; sistem persamaan linear dua variabe
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 28 Apr 2020 14:12
Last Modified: 28 Apr 2020 14:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item View Item