Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi promosi Yayasan Ponpes Dinul Khoiriah Bangsawan dalam meningkatkan jumlah santri MTs Al-Khoiriah Aek Buaton Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas

Siregar, Lina Maysuri (2024) Strategi promosi Yayasan Ponpes Dinul Khoiriah Bangsawan dalam meningkatkan jumlah santri MTs Al-Khoiriah Aek Buaton Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930400002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya peningkatan jumlah santri di Madrasah Tsanawiyah Al-Khoiriah Aek Buaton setelah dilakukannya promosi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan Yayasan Pondok Pesantren Dinul Khoiriah Bangsawan dalam meningkatkan jumlah santri Madrasah Tsanawiyah Al-Khoiriah Aek Buaton. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan jumlah santri di Madrasah Tsanawiyah Madrasah Tsanawiyah Al-Khoiriah Aek Buaton dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan promosi yang dilakukan oleh Yayasan Pondok Pesantren Dinul Khoiriah Bangsawan dalam meningkatkan jumlah santri Madrasah Tsanawiyah Al-Khoiriah Aek Buaton. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu Ketua Yayasan Pondok Pesantren Dinul Khoiriah Bangsawan sekaligus yang menjadi Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Khoiroah Aek Buaton, ustadz dan ustadzah sebanyak 5 (lima) orang, dan sumber data sekunder yaitu santri/santriwati sebanyak 10 (sepuluh) orang di Madrasah Tsanawiyah Al-Khoiriah Aek Buaton, dan perwakilan orang tua santri/santriwati sebanyak 10 (sepuluh) orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu, Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan 3 tahap, yaitu : pengorganisasian data, editing, dan coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa observasi awal yang dilakukan oleh peneliti sinkron dengan yang ditemukan di lapangan yaitu bertambahnya jumlah santri Madrasah Tsanawiyah Al-Khoiriah Aek buaton dari tahun ketahunnya. Dan hal ini tentunya setelah diterapkannya strategi promosi yang dilakukan oleh pihak Yayasan Dinul Khoiriah Bangsawan dalam pelaksanaan kegiatan promosi yang dilakukan oleh Yayasan Pondok Pesantren Dinul Khoiriah Bangsawan empat elemen bauran promosi (promotion mix) yaitu mass selling, personal selling, promosi penjualan, hubungan masyarakat (public relation), dan Yayasan Pondok Pesantren Dinul Khoiriah Bangsawan juga memakai strategi informasi dari mulut ke mulut (word of mouth) jadi Yayasan Pondok Pesantren Dinul Khoiriah Bangsawan melakukan promosi dengan lima elemen bauran promosi. Dengan digunakannya lima bauran promosi ini Madrasah Tsanawiyah Al-Khoiriah Aek Buaton mengalami peningkatan jumlah santrinya dari tahun ketahun. Untuk mendukung kegiatan promosi ini juga pihak yayasan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pesantren baik dari kelengkapan sarana dan prasarananya, dan kegiatan kulikuler dan ekstrakulikulernya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Armyn Hasibuan, M.Ag dan Hasbi Anshori Hasibuan, M.M
Keywords: Strategi; Promosi; Meningkatkan; Santri
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:52
Last Modified: 04 Jul 2024 08:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item