Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 12 Tahun 2022 dalam pembiasaan shalat subuh berjamaah bagi peserta didik di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Nurrahmah Amini (2024) Implementasi peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 12 Tahun 2022 dalam pembiasaan shalat subuh berjamaah bagi peserta didik di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100170.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian ini masalah yang dikemukakan adalah pelaksanaan shalat subuh berjamaah peserta didik. Masih ada peserta didik yang tidak mengikuti pelaksanaan shalat subuh berjamaah di masjid. Mereka mengaku tidak mengetahui adanya peraturan mengenai shalat subuh berjamaah di masjid, selain itu tidak sedikit orang tua yang kurang memperhatikan anaknya sehingga anak tidak merasa diperhatikan dan merasa malas bangun pagi untuk melaksanakan shalat subuh berjamaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 12 Tahun 2022 dalam pembiasaan shalat subuh berjamaah bagi peserta didik di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal, untuk mengetahui pelaksanaan shalat subuh berjamaah bagi peserta didik di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal, untuk mengetahui apa saja faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan shalat subuh berjamaah di Kelurahan Longat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik yang bersekolah dan bertempat tinggal di Kelurahan Longat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Peraturan Bupati Mandailing Natal Nomor 12 Tahun 2022 tentang pelaksanaan shalat subuh berjamaah sudah di laksanakan di Kelurahan Longat dua minggu setelah dikeluarkannya peraturan tersebut. Pelaksanaan shalat subuh berjamaah diikuti oleh peserta didik dan masyarakat Kelurahan Longat. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan shalat subuh berjamaah bagi peserta didik adalah diri peserta didik tersebut baik itu niat dan kesadaran dalam diri peserta didik yang membuat peserta didik malas untuk melaksanakan kegiatan shalat subuh berjamaah di masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd
Keywords: Pelaksanaan; Peraturan; Peserta didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:16
Last Modified: 04 Jul 2024 08:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

View Item View Item