Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen muslim kaki lima Kota Padangsidimpuan

Alfarozi, Dzikri (2024) Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen muslim kaki lima Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200184.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Persaingan bisnis antar pelaku usaha saat ini semakin ketat, yaitu persaingan yang semakin cenderung pada perubahan teknologi. Pedagang kaki lima kota padangsidimpuan adalah pelaku usaha yang perlu menginovasi startegi pemasaran untuk meningkatkan omset penjualannya dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Muslim. Bermunculannya konsumen yang berbelanja di kaki lima mengakibatkan sepinya pembeli di pusat perbelanjaan. Adapun faktor yang diteliti dalam penelitian ini antara lain harga, lokasi/tempat konsumen muslim pedagang kaki lima kota padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada kaki lima di Kota Padangsidimpuan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui ada pengaruh Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada kaki lima di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen muslim yang pernah/ yang sudah berbelanja di Pedagang kaki lima Kota Padangsidimpuan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 responden, yang diambil dengan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan accidental sampling (pengambilan sampel berdasarkan kebetulan). Metode analisis yang digunakan meliputi : uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2 ). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Harga (X1) tidak ada pengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). Lokasi (X2) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian (Y). Sedangkan secara bersama – sama (simultan) variabel Harga(X1) dan Lokasi(X2) Berpengaruh positif terhadap variabel Keputusan Pembelian(Y). Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji parsial pada variabel harga dengan perbandinga nilai thitung dan ttabel. thitung > ttabel, begitu juga pada variabel lokasi thitung > ttabel. dan hasil uji simultan pada variabel harga dan lokasi dengan perbandinga nilai fhitung > ftabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E., M.Si dan Ferri Alfadri, M.E
Keywords: Harga; Lokasi; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:56
Last Modified: 04 Jul 2024 04:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10629

Actions (login required)

View Item View Item