Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Determinan perilaku konsumtif Mahasiswa FEBI UIN SYAHADA Padangsidimpuan

Fadila, Dian Nur (2024) Determinan perilaku konsumtif Mahasiswa FEBI UIN SYAHADA Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Ekonomi merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan, yang seharusnya kampus merupakan tempat mahasiswa menimbah ilmu pengetahuan, bertukar pikiran, bersosialisasi sesama mahasiswa, dan lain sebagainya. Namun yang terlihat, kampus dijadikan ajang pamer penampilan lifestyle mereka. Sebagian mahasiswa lain yang berada dalam tingkat ekonomi menengah juga mengikuti gaya hidup yang konsumtif akibat tuntutan pergaulan. Sehingga sebagian mahasiswa kini hanya mementingkan penampilan, gengsi dan mengikuti lingkungan sekitar. Terkait dengan gaya hidup mahasiswa sebagai pelaku ekonomi hal yang tepat adalah mengutamakan kebutuhan yang perioritas bukan pada eksistensi di lingkungan perkuliahan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti kepada mahasiswa lebih dari 50% mahasiswa melakukan pembelian secara infulsif dalam 3 bulan terakhir yang dipengaruhi oleh faktor citra merek, pengaruh teman sebaya, literasi keuangan dan keinginan yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa. Termasuk didalam nya mengatur tata cara perilaku konsumtif pada mahasiswa, gaya hidup mahasiswa dalam mengatur keuangan saat ini semakin tidak terkendali. Mahasiswa tidak merencanakan pengeluaran dan pendapatan keuangannya, berkat teknologi, mahasiswa tidak lagi harus keluar rumah untuk membeli produk yang diinginkan cukup membuka smartphone dan muncul produk yang diinginkan, Chen dan Volpe berpendapat bahwa mahasiswa yang memiliki pengetahuan yang rendah akan membuat keputusan salah dalam keuangan mereka. Mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah dalam literasi keuangan akan membuat keputusan yang salah dalam berkonsumsi, karena dalam berkonsumsi mereka tidak memperhitungkan prioritas kebutuhan. Hal ini yang membuat peneliti tertarik melakukan penelitian ini, adapun teori yang dipakai dalam penelitian ini termasuk diantaranya yaitu perlaku konsumtif, teman sebaya, citra merek dan literasi keuangan, dan menjadikannya sebagai varibel dalam penelitian ini. Adapun lokasi penelitian ini berada di FEBI UIN Syahada Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan mahasiswa FEBI UIN Syahada angkatan tahun 2019 sebagai populasi yang berjumlah 3228 dan menjadikan 97 mahasiswa menjadi sampel penelitian ini, adapun teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif dengan pendekatan kuesioner atau angket yang menjadikan SmartPLS sebagai alat pengolahan data, ada pun uji-uji yang di pakai dalam penelitian ini yaitu inner model dan outer model. Adapun hasil penelitian mengatakan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan, teman sebaya berpengaruh negatif tidak signifikan dan literasi keuangan menunjukan hasil positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A dan Aliman Syahuri Zein, M.E.I
Keywords: Perilaku konsumtif; Citra merek; Teman sebaya; Literasi keuangan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:53
Last Modified: 04 Jul 2024 03:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10627

Actions (login required)

View Item View Item