Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan property pada Perumahan De Prabu PT. Inti Kreasi Perkasa di Rantauprapat

Regar, Ayu Fitria Br (2024) Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan property pada Perumahan De Prabu PT. Inti Kreasi Perkasa di Rantauprapat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan suatu masalah pemasaran dalam suatu usaha. Dimana strategi permasaran sangat berpengaruh terhadap usaha perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan. Apabila strategi pemasaran dalam sebuah perusahaan berjalan dengan baik, maka penjualan akan meningkat dan terus bertambah dari tahun ke tahun. Penjualan yang dihasilkan oleh PT. Inti Kreasi Perkasa Rantauprapat mengalami permasalahan penurunan omset penjualan dan belum mencapai target perusahaan sehingga volume penjualannya tidak stabil dan mengalami kenaikan atau penurunan penjualan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi pemasaran marketing mix yaitu 4P, yaitu Produk (product), Harga (price), promosi (promotion) dan lokasi (place). Faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjulan, Pengertian penjualan, Fungsi pemasaran, pengertian pemasaran, jenis-jenis pemasaran, Karakteristik pemasaran Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif serta menggunakan analisis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan teknik keabsahan data penelitian ini adalah triangulasi, menggunkan bahan referensi dan meningkatkan ketekunan dengan tujuan untuk memperkuat keakuratan data penelitian. Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan PT. Inti Kreasi Perkasa dalam meningkatkan volume penjualan cukup maksimal dengan menerapkan strategi 4P yaitu Produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion) dan lokasi (place). Namun masih terdapat kekurangan dalam melakukan promosi oleh karena itu diperluhkan strategi promosi yang lebih tepat dengan membuat strategi baru yang lebih menarik lagi dengan membuat iklan di radio, spanduk, maupun media sosial lainnya, penambahan kualitas produk dan mengikuti event pemeran yang memiliki banyak pengunjung bertujuan untuk meningkatkan penjulan dan memperluas target pemasaran. Proses pembelian di PT. Inti Kreasi Perkasa ada dua sistem pembelian yaitu pembelian secara tunai dan kredit dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan dengan melengkapi persyaratan pemberkasan untuk pembelian secara kredit maupun tunai. Kendala yang dihadapi dalam Proses pemasaran PT. Inti Kreasi Perkasa yaitu banyaknya pesaing yang sejenis, kurangnya Karyawan Team Pemasaran sehingga memperlambat proses pemasaran dan banyaknya calon konsumen yang tidak sesuai kriteria untuk membeli. Adapun solusinya yaitu menambah Karyawan/Sales Pemasaran dan memberikan pemahaman kepada team pemasaran agar lebih menonjolkan keunggulan dan kualitas produknya dengan membuat promosi atau promo yang dapat menarik perhatian konsumen sehingga dapat meningkatkan volume penjulalan property Pada perumahan De prabu PT. Inti Kreasi Perkasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Idris Saleh, S.E.I., M.E
Keywords: Strategi pemasaran; 4P; Volume penjualan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150403 Real Estate and Valuation Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:47
Last Modified: 28 Jun 2024 08:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10625

Actions (login required)

View Item View Item