Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada Bakso Metal di Panyabungan

Batubara, Nurul Fauziah (2023) Strategi pemasaran untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada Bakso Metal di Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Bisnis makanan, seperti penjualan bakso adalah industri yang kompetitif, di mana keberhasilan suatu usaha sangat bergantung pada tingkat kepuasan pelanggan. Pelaku usaha harus jeli dalam memanfaatkan peluang bisnis yang ada, untuk mendapatkan kepuasan, keputusan pembelian konsumen pemilik harus membuat ide dengan pemasaran yang sesuai dengan ketertarikan terhadap produk yang akan di pasarkan khususnya bakso metal di panyabungan. Sejak berdiri pada tahun 2013 hingga sekarang. Namun, pada tahun 2021, Usaha bapak suyadi mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan tahun sebelum dan sesudahnya. Maka dari itu, dalam mengetahui penyebab turunnya pendapatan ditahun 2021, perlu diketahui strategi pemasaran apa yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan pada bakso metal di panyabungan kabupaten mandailing natal. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan pemasaran yang membahas tentang strategi pemasaran, bauran pemasaran, pemasaran konsep islam, konsep pendapatan, Pelaku UMKM, kepuasan konsumen dan minat beli. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memahami perspektif pelanggan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan. Subjek penelitian yaitu pemilik bakso, karyawan dan konsumen. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Sampel yang diambil sebanyak 20 informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pertanyaan wawancara yang diajukan adalah seputar indikator kepuasan pelanggan. Teknik analisis dan pengolahan data yang dilakukan adalah dengan teknik Snowball sampling, Sedangkan Teknik dalam menjamin keabsahan data yang dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan bapak suyadi dalam peningkatan dan pengembangan usaha bakso metal miliknya dilakukan dengan marketing mix 7P yaitu pembauran antara penetapan produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan sarana fisik. Dan penelitian ini menujukan bahwa dari tujuh indikator kepuasan pelanggan , baru empat indikator yang dipenuhi, yaitu produk, harga, lokasi, dan proses. Sedangkan indikator promosi, fasilitas dan suasana masih harus ditingkatkan. Selain itu, pembentukan citra merek yang kuat dan transparansi dalam informasi harga juga berkontribusi pada kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Rini Hayati Lubis, M.P
Keywords: Marketing mix; Kepuasan pelanggan; Usaha bakso
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:30
Last Modified: 28 Jun 2024 08:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10624

Actions (login required)

View Item View Item