Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor–faktor pendorong minat konsumen membeli pakaian thrifting

Sabrina, Pilda (2024) Faktor–faktor pendorong minat konsumen membeli pakaian thrifting. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Pakaian bekas (Thtifting) telah menjadi masalah ekonomi semua negara di dunia. Pakaian impor ilegal tersebut telah merusak industri sandang tanah air. Menurut ketua Indonesia Chamber of Fashion (IFC), 60% konsumen Indonesia lebih suka membeli berbagai produk luar negeri dibandingkan produk Indonesia dan mengakui bahwa produk luar negeri memiliki kualitas yang baik. Pakaian thrifting ini telah di larang oleh Mentrei Pedagangan Nomor 51 Tentang Larangan Impor Pakaian Bekas Tahun 2015 disebutkan bahwa pakaian bekas impor dapat membahayakan kesehatan masyarakat sehingga tidak aman untuk digunakan secara umum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-fakor pendorong minat konsumen membeli pakaian thrifting, serta untuk mengetahui bagaimana transaksi jual beli pakaian thrifting di pasar ucok kodok dalam perspektif islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan jenis pendekatan penelitian yang dipakai bersifat deskriptif, metode pengumpulan data dengan melakukan oobservasi, wawancara terarah, dan dokumentasi. Tehnik sampel yang digunakan yaitu non random sampling dan untuk menentukan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil wawancara dengan informan diperoleh minat beli konsumen terhadap pakaian thrifting lebih besar dari pada terhadap produk lokal, faktor-faktor yang mendorong minat konsumen membeli pakaian bekas yaitu faktor internal meliputi gaya hidup dan motivasi dan faktor eksternal meliputi merek/brand, harga dan kualitas. Faktor yang paling dominan yaitu faktor internal meliputi gaya hidup, dan faktor eksternal meliputi merek/brand, harga dan kualitas. Jual beli pakaian bekas di pasar Ucok Kodok Padangsidimpuan juga sudah sesuai dengan Perspektif Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, M.A dan Ihdi Aini, M.E
Keywords: Minat beli; Pendorong; Pakaian thrifting
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 Jun 2024 07:49
Last Modified: 28 Jun 2024 07:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10620

Actions (login required)

View Item View Item