Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengelolaan program tahfidz dalam peningkatan minat hafal Qur’an di Yayasan Multazam Siti Khodijah di Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan

Hasibuan, Ruli Darmawan (2024) Pengelolaan program tahfidz dalam peningkatan minat hafal Qur’an di Yayasan Multazam Siti Khodijah di Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930400009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan wahyu ilahi yang harus disampaikan, diajarkan, dipahami dan diamalkan dalam kehidupan nyata. Seiring bejalannya waktu, upaya-upaya untuk menjaga kelestarian Al-Qur’an masih tetap dilakukan. Keberhasilan proses belajar mengajar Al-Qur’an sangat tergantung kepada pengelolaannya. Untuk mewujudkan hal ini, perlu adanya pengelolaan yang maksimal dalam program tahfidz untuk meningkatkan minat hafal Qur’an di Yayasan Multazam Siti Khodijah Desa Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan program dalam meningkatkan minat hafal Qur’an para santri di Yayasan Multazam Siti Khodijah?, bagaimana keadaan minat menghafal Qur’an para santri di Yayasan Multazam Siti Khodijah? dan apa saja Faktor pendukung dan penghambat pengelolaan dalam peningkatan minat hafal Qur’an para santri di Yayasan Multazam Siti Khodijah?. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian Pengelolaan program tahfidz dalam peningkatan minat hafal Qur’an. Perencanaannya sudah ada sejak awal berdirinya lembaga, didirikannya sekolah tahfidz ini dan di dalam pelaksanaannya selalu diadakan musyawarah. Metode yang digunakan dalam program tahfidz diawali dengan membaca doa dan membaca surah surah pendek dan diakhiri dengan melantunkan Tilawatil Qur’an dan sholawatan, santri juga harus menyetorkan bacaan, menghafal dan menyetorkan hafalannya. Keadaan minat menghafal Qur’an di Yayasan Multazam Siti Khodijah masih kurang bagus karna santri masih malas dalam menghafal. Faktor pendukung pengelolaan program tahfidz adalah kenyamanan/ketenangan dalam menghafal Qur’an dengan fasilitas dan pelayanan yang baik, pemberian motivasi dalam bentuk hadiah bagi santri yang aktif dan berprestasi, faktor kesehatan berupa makanan yang sehat dan bergizi dalam meningkatkan hafalan santri, dan dukungan dari berbagai pihak seperti dukungan dari orang tua yang telah memberikan keperacayaan kepada sekolah tahfidz Qur’an di Yayasan Multazam Siti Khodijah untuk anaknya sebagai santri hafidz Qur’an, dan dukungan dari ustadz/ustadzah yang telah mengajar para santri santriah dalam menghafal Qur’an di Yayasan Multazam Siti Khodijah. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah faktor waktu karena dalam pelasanaan program tahfidz ini diadakan setiap hari sabtu dan minggu dan bermalam disekolah (Mabit), santri nakal, dan malas dalam menghafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Armyn Hasibuan, M.Ag dan Yuli Eviyanti, M.M
Keywords: Pengelolaan; Peningkatan minat; Hafal Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Jun 2024 08:38
Last Modified: 27 Jun 2024 08:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10614

Actions (login required)

View Item View Item