Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan abad 21 dalam upaya mengoptimalkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV di Kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan

Atika, Nur (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keterampilan abad 21 dalam upaya mengoptimalkan partisipasi dan hasil belajar siswa pada materi SPLDV di Kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya perangkat pembelajaran yang memadai seperti LKS di sekolah tersebut, hanya berpedoman pada buku pegangan guru atau buku paket. Serta rendahnya pemahaman konsep matematika siswa khususnya pada materi SPLDV. Proses Pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sebab waktu pembelajaran yang kurang memadai, sehingga peneliti akan memaksimalkan waktu tersebut dengan pembelajaran menggunakan model keterampilan abad 21 yaitu dengan menentukan kegiatan-kegiatan yang dapat membuat siswa lebih aktif dan inovatif dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah yaitu validitas LKS berbasis keterampilan abad 21 pada materi SPLDV, praktikalitas LKS berbasis keterampilan abad 21 pada materi SPLDV dan efektivitas LKS berbasis keterampilan abad 21 pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas LKS berbasis keterampilan abad 21 pada materi SPLDV, praktikalitas LKS berbasis keterampilan abad 21 pada materi SPLDV dan efektivitas LKS berbasis keterampilan abad 21 pada materi SPLDV di kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE yang melalui lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation.LKS berbasis keterampilan abad 21 pada materi SPLDV dikembangkan melalui tahapan validasi ahli materi dan ahli desain. Serta diuji cobakan kepada siswa kelas VIII-`1. Subjek uji coba dilakukan di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan, yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian dan analisis penilaian oleh para ahli LKS yang dikembangkan layak dijadilkan sebagai salah satu bahan ajar Matematika untuk siswa kelas VIII. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase validasi oleh ahli media, validasi oleh ahli materi, validasi oleh ahli bahasa. Selanjutnya respon peserta didik menunjukkan kriteria “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran LKS terdiri dari tiga aspek pengembangan, yaitu desain, materi dan bahasa. Kelayakan media pembelajaran LKS dari hasil validasi tm ahli media, ahli materi dan ahli bahasa sangat layak dan respon peserta didik sangat layak digunakan dalam peroses pembelajaran di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS); Berbasis keterampilan abad 21 pada materi SPLDV
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 26 Jun 2024 02:07
Last Modified: 26 Jun 2024 02:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10603

Actions (login required)

View Item View Item