Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis implementasi nilai-nilai moderasi beragama siswa di SMPN 1 Angkola Barat Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Putri Hariani (2024) Analisis implementasi nilai-nilai moderasi beragama siswa di SMPN 1 Angkola Barat Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100280.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah implementasi nilai-nilai moderasi beragama siswa di SMPN 1 Angkola Barat dalam menerapkannya baik dalam individu dan juga lingkungan masyrakat, penerapan yang dilakukan di SMPN 1 sangat mencolok baik dalam hal ibadahnya, saling menghargai, tolong menolong, cintah tanah air dan juga dalam hal tidak membeda-bedakan antar agama yang dianut siswa. Moderasi beragama adalah cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem kanan maupun ekstrem kiri melainkan seimbang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Siswa Di SMPN 1 Angkola Barat Kecamatan Angkola Barat Kecamatan Tapanuli Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi , wawncara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer merupakan 20 orang siswa di kelas VII di SMPN 1 Angkola Barat. Dan sumber data sekunder buku, dokumen, dan arsip serta literature. Teknik penjamin keabsahan data adalah perpanjang keikutsertaan, dan triangulasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa implementasi atau penerapan yang dilakukan guru dalam sehari-hari kepada siswa yaitu dengan memberikan arahan atau nasehat yang mampu menjadikan siswa saling menghargai dalam agama masing-masing. Di SMPN 1 memiliki kegiatan ibadah bagi yang beragama Islam yaitu sholat dhuha di hari selasa, rabu, dan kamis yang dilaksanakan di lapangan dan yang beragama Kristen melaksanakan ibadah di lokal, misalnya guru memberikan waktu kepada siswa untuk melaksanakan ibadah masing-masing baik yang beragama Islam maupun yang beragama Kristen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdusima Nasution, M.A dan Dr. Muhammad Roihan Daulay, S.Sos.I., M.A
Keywords: Implementasi; Moderasi beragama; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jun 2024 09:06
Last Modified: 25 Jun 2024 09:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10601

Actions (login required)

View Item View Item