Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika akhlak remaja dan upaya mengatasinya di Desa Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara

Hasibuan, Sahari Bulan (2024) Problematika akhlak remaja dan upaya mengatasinya di Desa Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100231.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana akhlak remaja, apa faktor penyebab terjadinya problematika akhlak remaja dan bagaimana upaya mengatasinya di Desa Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Sebenarnya akhlak remaja di Desa Hiteurat ini masih kurang. Sehingga masih banyak sekali anak remaja disana melakukan balapan, kurangnya sopan santun terhadap orang yang lebih tua, kurangnya pendidikan agama dan pergaulan bebas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana problematika akhlak remaja di Desa Hiteurat? apa saja faktor penyebab terjadinya problematika akhlak remaja di Desa Hiteurat? bagaimana upaya mengatasi problematika akhlak remaja di Desa Hiteurat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika akhlak remaja di Desa Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya problematika akhlak remaja di Desa Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Untuk mengetahui langkah langkah dan upaya yang di lakukan dalam memperbaiki akhlak remaja di Desa Hiteurat Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengamati fenomena yang berada disekitarnya dan menganalisanya dengan menggunakan logika ilmiah. Metode deskriftif ialah penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secata murni apa adanya sesuai dengan konteks pendidikan, instrument, pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Desa Hiteurat bahwasanya problematika akhlak remaja di Desa Hiteurat yaitu problematika akhlak remaja hubungan dengan keluarga, masyarakat, teman sebaya, dan pendidikan agama islam. Faktor penyebab terjadinya problematika akhlak remaja di Desa Hiteurat yaitu: faktor internal (dalam) yaitu kurangnya minat dan kontrol diri yang lemah. Faktor eksternal (luar) yakni faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor ilmu pengetahuan dan faktor teknologi. Upaya mengatasi problematika akhlak remaja di Desa Hiteurat yaitu: Peningkatan pendidikan agama, orang tua harus mengerti dasar-dasar pendidikan, pengisian waktu luang yang teratur dan membentuk markas-markas penyuluhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Problematika; Akhlak remaja; Upaya mengatasi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:41
Last Modified: 25 Jun 2024 08:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10600

Actions (login required)

View Item View Item