Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 1 Bukit Malintang, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal

Sakdiah, Halimatus (2023) Penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 1 Bukit Malintang, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bukit Malintang, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yakni 75 karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan observasi awal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bukit Malintang, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bukit Malintang, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Prosedur penelitian tindakan kelas ini adalah perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), pengamatan (observation) dan Refleks (Reflekting), yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus dua pertemuan. Hasil penelitian penerapan metode demonstrasi pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Bukit Malintang, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada tes awal/prasiklus yang diberikan sebelum tindakan yang tuntas hanya 2 siswa (12,5%), sedangkan yang tidak tuntas 14 siswa (87,5%) dengan rata-rata kelas 42,5. Setelah dilakukan tindakan pada siswa yaitu dengan penerapan metode pembelajaran demonstrasi, maka dilakukan tes hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama yang memperoleh nilai ketuntasan 3 siswa (18,75%) dan yang tidak tuntas 13 siswa (81,25%) dengan rata-rata kelas 43,75, siklus I pertemuan kedua memperoleh nilai ketuntasan 4 siswa (25%) dan yang tidak tuntas 12 siswa (75%) dengan rata-rata kelas 59,38. Siklus II pertemuan pertama yang memperoleh nilai ketuntasan 6 siswa (37,5%), sedangkan yang tidak tuntas 10 siswa (62,5%) dengan rata-rata kelas 61,25, siklus II pertemuan kedua yang memperoleh nilai ketuntasan 13 siswa (81,25%), sedangkan yang tidak tuntas hanya 3 siswa (18,75%) dengan rata-rata kelas 75 (baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I
Keywords: Metode demonstrasi; Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:22
Last Modified: 25 Jun 2024 08:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10599

Actions (login required)

View Item View Item