Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Swasta Al-Azis Desa Janji Kabupaten Labuhanbatu

Ritonga, Ade Sabrina (2024) Pengaruh perhatian orangtua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Swasta Al-Azis Desa Janji Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Masalah Penelitian ini rendahnya hasil belajar siswakarena kurangnya perhatian orang tua sangat besar pengaruhnya dalam pendidikan anak apalagi dalam mencapai tujuan hasil belajar anak. kurangnya perhatian dari orang tua terhadap pendidikan dan kegiatan belajar siswa terutama saat siswa belajar di rumah orang tua sibuk bekerja yang menjadi masalah dalam penelitian di SMK Swasta Al-Azis Kabupaten Labuhanbatu. Tujuan penelitian Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa SMK Swasta Al-Azis Desa Janji Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini merupakan penelitian Simple Sampling Random dengan pendekatan kuantitatif. subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Swasta Al-Azis Kabupaten Labuhanbatu dengan populasi yang berjumlah 200 siswa dan sampelnya sebanyak 127 siswa. dengan menggunakan 5%. sampel dari 127 siswa diambil 5% nya yaitu 127 siswa. teknik pengumpulan datanya menggunakan kuisioner. teknik analisis datanya menggunakan uji tingkat pencapaian, uji pra syarat, normalitas,liniaritas, homogenitaskoefesien ditermasi dan uji signifikansi yaitu uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perhatian orang tua pada siswa SMK Swasta Al-Azis Kabupaten Labuhanbatu.Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa SMK Swasta Al-Azis Kabupaten Labuhanbatu. hal ini terbukti dari perolehan t hitung = 0,077 < t table = 0,097 pada taraf signifikansi 5%. maka Ho ditolak dan dan Ha diterima.Perhatian orang tua memiliki pengaruh sebesar 15% terhadap hasil pada siswa SMK Swasta Al-Azis Kabupaten Labuhanbatu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi. M.A
Keywords: Perhatian orang tua; Hasil belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:55
Last Modified: 25 Jun 2024 07:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10598

Actions (login required)

View Item View Item