Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Dinamika Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Samora pada masa new normal di Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan

Lubis, Fitriani (2024) Dinamika Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Samora pada masa new normal di Kecamatan Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720100124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian adalah adanya covid-19 yang memberikan dampak positif maupun negatif terhadap dunia pendidikan. Beberapa masalah yang dihadapi Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Samora antara lain adalah kondisi pendidik, kondisi peserta didik dan metode pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk melihat bagaimana lembaga pendidikan ini dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada di madrasah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kondisi pendidik, peserta didik dan penggunaan metode pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Samora pada Masa New Normal. Metodelogi yang digunakan penelitian adalah kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolaan analisis data melalui tiga tahap yaitu redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kondisi pendidik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Samora pada masa new normal meliputi takwa kepada Allah SWT, berilmu, sehat jasmani dan berkelakuan baik. Kondisi peserta didik di Madrasah Diniyah Takmilyah Awaliyah Samora pada masa new normal meliputi mematuhi dan menjunjung tinggi semua aturan dan peraturan berkenaan dengan operasi yang aman dan tertib di sekolah, menghormati guru-guru dan mematuhi semua anjuran yang bersifat edukatif yang ada di sekolah, menghormati sesama peserta didik, menggunakan bahasa yang baik dan benar, ikut bekerjasama dalam menjaga gedung, fasilitas dan barang-barang yang milik sekolah, menjaga kebersihan ruang kelas, sekolah dan lingkungan, menunjukkan kejujuran, kesopanan, dan kebaikan dalam hubungan dengan sesama siswa dan anggota staf, hadir dan pulang sekolah tepat waktu. Penggunaan metode pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Samora pada masa new normal meliputi metode tanya jawab, metode ceramah, metode praktek , metode kisah atau cerita, metode keteladanan, dan metode hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag dan Latifa Annum Dalimunthe, M.Pd.I
Keywords: Dinamika; Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah; New normal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Jun 2024 03:07
Last Modified: 24 Jun 2024 03:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10588

Actions (login required)

View Item View Item