Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh peer to peer group terhadap disiplin belajar pendidikan Agama Islam siswa MTs S Babussalam Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais

Harahap, Maya Novita (2024) Pengaruh peer to peer group terhadap disiplin belajar pendidikan Agama Islam siswa MTs S Babussalam Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Peer group menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kedisiplinan yang dimiliki seseorang, sebab peer group akan mempengaruhi cara berfikir serta cara bertindak dan hal ini dikarenakan kesamaan usia, kesamaan sikap, serta kesamaan lingkungan bermain yang tercipta dari pergaulan peer group. Terbentuknya peer group dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mendorong siswa untuk bisa merealisasikan disiplin belajar yang diharapkan, yakni manfaat positif untuk keberhasilan belajar tiap individu. Meski tidak jarang pula, peer group membentuk hal negatif pada diri siswa. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh peer group siswa MTs S Babussalam Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais, (2) Bagaimana disiplin belajar Pendidikan Agama Islam siswa MTs S Babussalam Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais, dan (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara peer group terhadap disiplin belajar Pendidikan Agama Islam siswa MTs S Babussalam Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex post facto yaitu penelitian yang bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh suatu variabel terhadap variabel yang lain. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 195 orang, dengan menggunakan teknik random sampling maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket digunakan untuk memperoleh data awal penelitian. Kemudian teknik analisa data yang digunakan adalah statistik deskriptif, statistik inferensial (uji normalitas dan analisis regresi sederhana) dan koefisien determinasi dengan bantuan Microsoft Excel 2010 dan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peer Group Siswa MTs S Babussalam Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais masuk dalam kategori cukup baik dengan perolehan angka 71,79%. Disiplin Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MTs S Babussalam Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais masuk dalam kategori cukup baik dengan perolehan angka 70,35%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara peer group terhadap disiplin belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MTs S Babussalam Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais. Hal ini terbukti berdasarkan hasil uji t dimana thitung 3,484 > ttabel 1,685 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kemudian berdasarkan hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,9425 atau 94,25%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan Pengaruh Peer Group Terhadap Disiplin Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa MTs S Babussalam Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais sebesar 94,25% dan 5,75% dipengaruhi oleh variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Nursri Hayati, M.A
Keywords: Peer to peer group; Disiplin belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Jun 2024 09:26
Last Modified: 21 Jun 2024 09:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10585

Actions (login required)

View Item View Item