Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran talking stick pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SDN 117876 Cikampak Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Rambe, Ana Syahfitri (2024) Peningkatan keterampilan berbicara melalui model pembelajaran talking stick pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SDN 117876 Cikampak Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500192.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkakan keterampilan berbicara siswa melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick di kelas III Sekolah Dasar Negeri 117876 Cikampak Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa, hal ini terlihat dari beberapa hal diantaranya adalah siswa terlihat kaku saat diminta berbicara di depan kelas, berbicara dengan tidak santai dan terbata-bata dan suara cenderung lirih yang mengakibatkan pembicaraan menjadi tidak jelas. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, guru masih menggunakan sistem mengajar belum menggunakan pembelajaran yang inovatif, sehingga pada saat berlangsungnya pembelajaran siswa merasa bosan dikarenakan terasa sangat monoton dan kurang interaktif sehingga menyebabkan siswa pasif mengikuti pembelajaran. Peneliti menentukan rancangan pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebagai objek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 117876 Cikampak Kabupaten Labuhan Batu Selatan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick dan keterampilan berbicara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan berbicara peserta didik pada prasiklus hanya mencapai 33,33% dan masih tergolong rendah. Setelah dilakukan tindakan, keterampilan berbicara pada siklus I meningkat menjadi 55,55% hal ini membuktikan adanya peningkatan keterampilan berbicara pada siswa dan pada siklus II keterampilan berbicara siswa kembali meningkat menjadi 88,88% dengan kategori sangat baik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pembelajaran bahasa Indonesia di kelas kelas III Sekolah Dasar Negeri 117876 Cikampak Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Keterampilan berbicara; Talking stick
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:15
Last Modified: 20 Jun 2024 03:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10576

Actions (login required)

View Item View Item