Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh konten TikTok mengenai materi pembelajaran pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman siswa kelas xi di SMK Negeri 1 Sinunukan

Aisyah, Alma’rifatul (2024) Pengaruh konten TikTok mengenai materi pembelajaran pendidikan Agama Islam terhadap pemahaman siswa kelas xi di SMK Negeri 1 Sinunukan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100277.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang kurang memahami materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikarenakan pembelajaran yang cenderung monoton dan kurangnya media pembelajaran di SMK Negeri 1 Sinunukan. Peran media pembelajaran seperti media sosial sangat mempengaruhi pemahaman siswa. Media sosial TikTok mampu memberikan motivasi belajar pada peserta didik dengan mempermudah pemahaman materi pembelajaran yang dijelaskan secara jelas dalam durasi singkat, di mana pesan dapat disampaikan dengan baik. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara konten TikTok mengenai materi Pembelajaran PAI terhadap pemahaman siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Sinunukan. Populasinya adalah kelas XI TKJ-1 dan TKJ-2, dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang telah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus menggunakan media pembelajaran konten TikTok mengenai materi pembelajaran PAI, sementara kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji t setelah memastikan data terdistribusi secara normal dan homogen. Dari hasil analisis statistic dan uji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan konten Tiktok mengenai materi pembelajaran PAI terhadap pemahaman Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Sinunukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A dan Liah Rosdiani Nasution, M.A
Keywords: Konten TikTok; Pembelajaran PAI; Pemahaman siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Jun 2024 08:27
Last Modified: 19 Jun 2024 08:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10570

Actions (login required)

View Item View Item