Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Keterampilan guru pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMK Negeri 2 Kecamatan Tambusai Utara Rokan Hulu Riau

Antoni, Ari (2023) Keterampilan guru pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMK Negeri 2 Kecamatan Tambusai Utara Rokan Hulu Riau. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100156.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang kurang memahami pentingnya mengelola kelas dan hanya menyampaikan materi saja tanpa menyesuaikan metode. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang sering mengantuk dan bosan dalam pembelajaran. Keterampilan guru dalam mengelola kelas sangat perlu diperhatikan baik dari pengaturan pengelolaan kelas maupun pengarahan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan apa kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru PAI, Siswa dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data yang digunakan adalah klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Teknik kebasahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah guru Pendidikan agama islam yang kurang memahami pentingnya mengelola kelas, hal ini dilihat dari siswa yang sering mengantuk dan bosan dalam pembelajaran. Keterampilan guru dalam mengelola kelas sangat perlu diperhatikan baik dari pengaturan fasilitas maupun pengarahan siswa. Penelitian ini menemukan bahwa keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas di SMK Negeri 2 Kecamatan Tambusai Utara Rokan Hulu Riau dilihat dari pengaturan ruangan yang sudah baik, keadaan tempat duduk yang dibuat berkelompok dan melingkar membuat siswa lebih nyaman dalam proses pembelajaran, penata keindahan dan kebersihan kelas sudah rapi dalam kelas, mengelola absensi kelas masih dilakukan secara manusal dan pengarahan kelas yang dilakukan bertujuan untuk siswa agar merasa nyaman dalam pembelajaran. Kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMK Negeri 2 Kecamatan Tambusai Utara Rokan Hulu Riau dilihat dari faktor guru yang masih menggunakan metode pembelajaran yang monoton tanpa diselingi dengan metode yang bervariasi dan faktor siswa yang masih terdapat siswa yang sopan santunnya kurang terhadap guru dan kurang memahami hak-hak sebagai anggota kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Anwar Habibi Siregar, M.A.Hk
Keywords: Keterampilan; Guru; Mengelola kelas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Jun 2024 04:29
Last Modified: 19 Jun 2024 04:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10567

Actions (login required)

View Item View Item