Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran orang tua dalam meminimalisir kecanduan game online pada remaja di Desa Situmba Julu Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Asmeria (2024) Peran orang tua dalam meminimalisir kecanduan game online pada remaja di Desa Situmba Julu Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100182.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Masa remaja adalah waktu dari masa kanak-kanak menjadi dewasa. Biasanya anak remaja bersifat sentimental, mudah terpengaruh akibatnya remaja sering lalai pada kebiasaan sehari-hari, mereka akan cenderung memilih kebiasaan yang membuat kesenangan dirinya. Perilaku kecanduan game online yang terjadi di Desa Situmba Julu Kecamatan Sipirok yang semakin marak di kalangan remaja menyebabkan mereka semakin tidak memperhatikan lingkungan sekitarnya, remaja ini jadi sering membuang-buang waktu hanya untuk bermain game. Rumusan masalah dalam penelitian, Bagaimana dampak kecanduan game online pada remaja, Apa saja game online yang dimainkan remaja dan Bagaimana peran orang tua dalam meminimalisir kecanduan game online pada remaja di desa Situmba Julu Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah dampak kecanduan game, mengetahui game apa saja yang sering dimainkan remaja dan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua meminimalisir kecanduan game online pada remaja di Desa Situmba Julu Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu memperoleh data sesuai dengan gambaran, keadaan, realita dan penomena yang diselidiki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi kepada informan yang terdiri dari 10 orang, antara lain orang tua yang anaknya kecanduan game online 5 orang dan remaja yang kecanduan game online 5 orang guna memperoleh data yang sebenarnya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dampak yang ditimbulkan dari game online ada dua, yaitu dampak positif dan negatif. Game online yang sering dimainkan remaja yaitu Mobile Lagends dan PUBG. Orang tua berperan mengawasi, membimbing sarta memberikan yang terbaik untuk anaknya guna agar terhindar dari pengaruh yang negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Rosimah Lubis, M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Peran orangtua; Kecanduan game online; Remaja
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:34
Last Modified: 19 Jun 2024 03:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10564

Actions (login required)

View Item View Item