Ritonga, Rosita Devi (2024) Penerapan metode inquiry dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram pada siswa Kelas VI MIN 5 Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100176.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih di kelas VI MIN 5 Labuhanbatu Utara, Kecamatan Na. XI.X, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang kreatif dan bervariasi. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan metode pembelajaran Inquiry yang mengharuskan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode pembelajaran Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan haram di kelas VI MIN 5 Labuhanbatu Utara, Kecamatan Na. XI.X, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Sedangkan tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih materi makanan dan minuman yang halal dan haram kelas VI MIN 5 Labuhanbatu Utara, Kecamatan Na. XI.X, Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari atas perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah kelas VI MIN 5 Labuhanbatu Utara, Kecamatan Na. XI.X, Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun ajaran 2023 yang terdiri 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fikih di kelas VI MIN 5 Labuhanbatu Utara. Hasil belajar siswa pada tes awal persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 26% dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 51,30. Pada Siklus 1 Pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 35% dengan nilai rata-rata 60,43. Pada Siklus 1 Pertemuan 2 persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 57% dengan nilai rata-rata 67,82. Sedangkan pada Siklus 2 Pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 70% dengan nilai rata-rata 72,60. Pada Siklus 2 Pertemuan 2 ketuntasan belajar klasikal sebesar 82,60% dengan nilai rata-rata 79,56. Dari siklus 2 data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentase paling tinggi yaitu 82,60%. Maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang sudah mencapai indikator keberhasilan tindakan sebesar 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Rahmadani Tanjung, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Metode inquiry; Pembelajaran fiqih |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 03:20 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 03:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10563 |
Actions (login required)
View Item |