Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam siswa di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhanbatu

Pasaribu, Rida Pebriani (2024) Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar pendidikan Agama Islam siswa di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100159.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah terbatasnya jam pelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga tidak efektif dalam proses belajar mengajar di dalam kelas belajar, menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan kurangnya kreativitas guru untuk menerapkan pendekatan, strategi dan model pembelajaran di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhanbatu. Peneliti ini mengukur seberapa besar Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhanbatu. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebelum menggunakan model pembelajaran quantum teaching di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhanbatu, bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa setelah menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Quantum Teaching dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhanbatu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan menggunakan model Quantum Teaching dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhanbatu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex Post Facto. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhanbatu yang terdiri dari 211. Adapun analisis datanya dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa peneliti mendapatkan hasil dari jawaban responden sebesar 79,90 % dalam kategori Baik dari rata-rata model pembelajaran quantum teaching SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhanbatu. Dan mendapatkan hasil dari jawaban responden sebesar 80,72 % dalam kategori Baik Sekali dari rata-rata hasil belajar pendidikan agama Islam siswa SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhanbatu. Namun secara parsial terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa pendidikan agama Islam siswa sebesar 0,027%. Karena nilai t hitung > dari t tabel maka Ha diterima yang dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Model Pembelajaran Quantum Teaching (X) dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa(Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Dr. Lazuardi, M.Ag
Keywords: Model pembelajaran quantum teaching; Hasil belajar pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Jun 2024 04:15
Last Modified: 14 Jun 2024 07:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10562

Actions (login required)

View Item View Item