Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan minat belajar siswa dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi pada mata pelajaran PAI di Kelas VII MTs. YPKS Padangsidimpuan

Siregar, Nahriyah Ulfa (2024) Peningkatan minat belajar siswa dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi pada mata pelajaran PAI di Kelas VII MTs. YPKS Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Minat belajar siswa yang kurang terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, untuk itu perlu diterapkan media pembelajaran berbasis teknologi guna meningkatkan minat belajar siswa, maka rumusan masalah dalam penelitian ini tentang bagaimana penerapan media pembelajaran berbasis teknologi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII, dan apakah penerapan media media pembelajaran berbasis teknologi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII MTs. YPKS Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis teknologi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII, untuk mengetahui penerapan media pembelajaran berbasis teknologi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs. YPKS Padangsidimpuan. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah minat belajar. Sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis teknologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, tehnik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dengan menggunaka deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan minat belajar peserta didik. Setelah diterapkan media pembelajaran berbasis teknologi, pada siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi rata-rata 3,32 dan dilanjutkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 5,58. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penerapan media pembelajaran berbasis teknologi dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII MTs. YPKS Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Fauziah Nasution, M.Ag dan Ismail Baharuddin, M.A
Keywords: Media pembelajaran berbasis teknologi; Minat belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:36
Last Modified: 12 Jun 2024 08:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10561

Actions (login required)

View Item View Item