Zahroh, Siti (2024) Penerapan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 200402 Sabungan Jae. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru sekolah masih berpusat pada guru, dimana guru menggunakan metode ceramah hal ini mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran. Untuk itu diperlukan metode yang dapat membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar salah satunya dengan menerapkan model think pair share. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi iklan di kelas V SDN 200402 Sabungan Jae, untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran think pair share pada materi iklan. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK), penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan adalah dengan mencapai rata-rata kelas (mean) dan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada nilai rata-rata siswa pra siklus adalah 52 dengan presentase 20%, kemudian pada siklus I pertemuan pertama hanya terjadi sedikit peningkatan di nilai rata-rata kelas menjadi 59,2, sedangkan nilai ketuntasan masih tetap pada presentasi 20%, selanjutnya pada pertemuan 2 siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71,6 dengan presentasi ketuntasan 40%, selanjutnya pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata siswa mencapai 77,6 dengan presentasi ketuntasan 60%. Dan pada siklus II pertemuan ke-2 juga hasil belajar siswa terdapat peningkatan dimana nilai rata-rata siswa adalah 83,2 dengan presentasi ketuntasan 75%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 200402 Sabungan Jae, untuk disarankan pada guru untuk menerapkan metode pembelajaran ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar siswa; Think pair share; Bahasa Indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 08:58 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 08:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10560 |
Actions (login required)
View Item |