Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan model talking stick dengan metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII MTs.S Islamiyah Padanggarugur Kecamatan Padangbolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Nurhayati (2016) Perbandingan model talking stick dengan metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII MTs.S Islamiyah Padanggarugur Kecamatan Padangbolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
123300119.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi himpunan, kurangnya keberanian siswa untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami, rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dilihat dari nilai ulangan khususnya pada materi himpunan serta penyampaian materi yang kurang bervariasi. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa yaitu melalui penggunaan model talking stick dan metode drill. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan yang diajarkan menggunakan model talking stick ? Bagaimanakah gambaran hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan yang diajarkan menggunakan metode drill? Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model talking stick dan metode drill pada pokok bahasan himpunan? Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada pokok bahasan himpunan yang diajarkan dengan menggunakan model talking stick. Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa pada pokok bahasan himpunan yang diajarkan dengan menggunakan metode drill. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model talking stick dan metode drill pada pokok bahasan himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs.S Islamiyah Padanggarugur yaitu sebayak 59 orang yang terdiri dari kelas VII – A (29 orang) dan VII- B (30 orang) sekaligus menjadi sampel. Penelitian ini disebut penelitian populasi. Instrument dalam penelitian ini yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes berbentuk pilihan berganda. Sebelum pengujian hipotesis,terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogitas untuk mengetahui bahwa sampel memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Setelah dianalisa, ternyata sampel tersebut berdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen sehingga analisa terpenuhi. Dalam pengujian hipotesis digunakan uji-t diperoleh nilai yaitu 2,003 dengan taraf signifikan 5 % pada tingkat kepercayaan 95%. Jadi hipotesis ditolak artinya tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model talking stick dan metode drill pada siswa kelas VII MTs.S Islamiyah Padanggarugur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Talking Stick; Drill; Hasil Belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 29 Apr 2020 01:48
Last Modified: 26 Jul 2021 14:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item