Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan model picture and picture di Kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan

Nisa, Khoirun (2024) Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan model picture and picture di Kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Penyebabnya dikarenakan siswa kurang mendengarkan guru yang sedang mengajar di kelas, menganggap pelajaran bahasa Indonesia adalah pembelajaran yang cukup membosankan dan susah untuk dimengerti serta kurangnya antusias siswa. Guru juga belum dapat memanfaatkan, memilih model pembelajaran yang inovatif. Sehingga perlu adanya perubahan dalam proses pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Rumusan masalah dalam penelitiannya yaitu Apakah penerapan model pembelajaran Picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), melalui Kurt Lewin. Subyek penelitian yaitu di kelas IV SD Negeri 200205 Padangsidimpuan dengan jumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar siswa pada tes awal nilai rata-rata siswa adalah 56 atau sebesar 32%. Kemudian dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 63,6 atau sebesar 52% artinya mengalami peningkatan dari kondisi awal. Setelah dilaksanakan refleksi pada siklus I, nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 81,6 atau sebesar 84%. Dengan demikian hasil belajar siswa dari siklus I sampai II mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran picture and picture; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:46
Last Modified: 10 Jun 2024 08:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10559

Actions (login required)

View Item View Item