Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Lingga Bayu Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal

Jambak, Siti Asiyah (2023) Problematika guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Lingga Bayu Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu problematika guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Lingga Bayu. Karena keterbatasan waktu dalam memberikan bimbingan pada siswa saat pembelajaran, keterbatasan dalam pengetahuan, kurang memahami masalah siswa, kurang komunikasi dengan orang tua, kurang memahami pengelolaan kelas, dan lingkungan sekitar sekolah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Lingga Bayu Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal, untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Lingga Bayu Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal dan untuk mengetahui solusi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Lingga Bayu Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian kualitatif adalah suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang ada pada saat penelitian dengan mengumpulkan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu problematika guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 dilihat dari beberapa sisi yaitu: 1) problematika internal 2) problematika eksternal, bentuk-bentuk kenakalan yang dilakukan adalah bolos ke sekolah, ribut di kelas, tidak berpakaian rapi, keluar ketika pergantian jam, tidak pernah mengerjakan tugas, berkelahi, merokok di lingkungan sekolah, mencuri, solusi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa yaitu memberi nasehat, menciptakan lingkungan yang baik dan melakukan pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Hj. Hamidah, M.Pd
Keywords: Problematika; Guru Pendidikan Agama Islam; Kenakalan siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:28
Last Modified: 10 Jun 2024 08:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10558

Actions (login required)

View Item View Item