Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN 302 Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal

Handayani, Nisa (2024) Penerapan strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN 302 Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500152.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya pemahaman berpikir siswa dalam keterampilan bertanya. Hal tersebut disebabkan oleh faktor kurang efektif dalam menggunakan strategi sebagai alat pendukung pembelajaran. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan materi yang diberikan guru. Hal ini mengakibatkan rendahnya keterampilan bertanya siswa. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, rumusan masalahnya adalah apakah dengan penerapan strategi pembelajaran Learning Start With a Question (LSQ) dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 302 Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal, dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap penerapan Learning Start With a Question (LSQ) dalam meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas V SDN 302 Aek Garingging. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan bertanya siswa-siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 302 Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah kelas V SDN 302 Aek Garingging yang terdiri dari 18 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada observasi awal persentase ketuntasan bertanya sebesar 16,66% (3 dari 18 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 52,5. Siklus I pertemuan I persentase ketuntasan bertanya sebesar 27,78% (5 dari 18 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 55,83. Siklus I pertemuan II persentase ketuntasan bertanya sebesar 50% (9 dari 18 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 67,5. Siklus II pertemuan I persentase ketuntasan bertanya sebesar 66,67% (12 dari 18 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 73,88. Siklus II pertemuan II persentase ketuntasan bertanya sebesar 88,89% (16 dari 18 siswa) dengan nilai rata-rata kelas yaitu 84,44. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa di kelas V SDN 302 Aek Garingging. Untuk itu disarankan pada guru untuk menggunakan strategi pembelajaran ini untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Strategi Learning Start with a Question; Keterampilan bertanya; Pelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:23
Last Modified: 10 Jun 2024 02:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10556

Actions (login required)

View Item View Item