Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan metode demonstrasi di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 200513 Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara

Ningsih, Surya (2023) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan metode demonstrasi di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 200513 Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari masalah ini adalah peserta didik di kelas V Sekolah Dasar Negeri 200513 Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara masih kurang mampu menganalisis materi perubahan wujud benda sehingga kemampuan analisisnya masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal yang menunjukkan rata-rata nilai peserta didik masih dibawah KKM. Penilaian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik pada materi perubahan wujud benda dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus. Dalam penelitian ini peneliti bertugas sebagai guru, subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 200513 Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan analisis peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 200513 Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara mengalami peningkatan melalui penerapan metode demonstrasi. Peningkatan kemampuan analisis peserta didik ditunjukkan berdasarkan hasil tes yang telah dipersentasekan pada siklus I dengan persentase 40% menjadi 65% pada siklus II dengan persentase 70% menjadi 85%. Karena peningkatan kemampuan analisis peserta didik telah mencapai sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dalam pembelajaran tematik dengan tema benda-benda di lingkungan sekitar dalam materi perubahan wujud benda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Metode demonstrasi; Kemampuan analisis; Pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:47
Last Modified: 10 Jun 2024 01:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10555

Actions (login required)

View Item View Item