Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan lembaga pemberdayaan masyarakat desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Sihombing, Darwisa (2023) Peranan lembaga pemberdayaan masyarakat desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930300007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) merupakan mitra pemerintahan desa dalam membantu pelaksanaan kegiatan pembangunan desa yang partisipatif, mengumpulkan dan menyalurkan aspirasi masyarakat, juga sebagai lidah penyambung antara masyarakat dengan kepala desa. Akan tetapi, ditemukan gejala seperti masyarakat desa yang tidak mengetahui apa fungsi jelas dari LPMD, rendahnya tingkat partisipasi gotong royong masyarakat, tidak terlihat upaya untuk menyatukan persepsi antara yang satu dengan yang lain seolah kegiatan pembangunan merupakan kegiatan sepihak. Maka dari itu, penulis ingin meneliti permasalahan ini lebih lanjut dengan rumusan masalah bagaimana kondisi/ keadaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Siuhom dan apa saja peranan yang dilakukan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi/ keadaan LPMD di Desa Siuhom dan apa saja peranan LPMD dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Siuhom Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan informan berjumlah 6 orang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, untuk mengukur keabsahan data dilakukan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan lembaga pemberdayaan masyarakat desa di Desa Siuhom sudah baik, yang mana Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) sudah melaksanakan peranannya sebagai suatu lembaga yang membantu Pemerintah desa dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adapun Peranan yang sudah dilakukan oleh LPMD yaitu; mengusulkan pembangunan dan perenovasian sarana pendidikan, meningkatkan produktivitas pertanian dan pembangunan infrastruktur jalan untuk mempercepat proses perkembangan perekonomian masyarakat, mengusulkan pelatihan untuk kader-kader posyandu, dan membentuk kelompok ternak serta melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik dan pupuk kandang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anas Habibi Ritonga, M.A dan Masrul Efendi Umar Harahap, M.Sos
Keywords: Peranan; Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD); Kesejahteraan masyarakat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:53
Last Modified: 03 Jun 2024 08:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10541

Actions (login required)

View Item View Item