Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model Self-Organized Learning Environment (SOLE) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa pada pokok bahasan statistika di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara

Rambey, Nurliana Delisa (2024) Penerapan model Self-Organized Learning Environment (SOLE) untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa pada pokok bahasan statistika di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan Model Self-Organized Learning Environment (SOLE). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model SOLE ini dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa tentang statistika di kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang memiliki empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 3 Rantau Utara berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 16 orang perempuan, guru bertindak sebagai subyek pemberi tindakan, peneliti sebagai pengamat. Metode penelitian dilakukan dengan pengumpulan data melalui metode observasi dan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan literasi matematika mengalami peningkatan dengan model SOLE. Hal ini dibuktikan dari tindakan guru pada setiap pertemuan, guru memberikan motivasi belajar agar siswa semangat dan tidak bermalas-malasan di kelas, guru merangsang dan mengajak siswa untuk berpikir dalam memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Diyah Hoiriyah, M.Pd
Keywords: Kemampuan literasi matematika; Model Self-Organized Learning Environment (SOLE)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:36
Last Modified: 03 Jun 2024 08:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item View Item