Angriani, Vivi (2024) Analisis dampak online shop terhadap pendapatan pedagang pakaian di Pasar Lama Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200251.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi dengan munculnya online shop yang mencuri perhatian pelanggan di Pasar Tradisional yang lebih tertarik dan sampai berpaling ke online shop dikarenakan banyak nya hal-hal yang lebih unggul dan mempermudah pelanggan untuk berbelanja sehingga menyebabkan terjadinya persaingan antara pedagang pakaian terhadap para pedagang online shop. Perkembang online shop di media sosial sudah semakin meningkat di Indonesia, bahkan sudah sangat dikenal baik oleh masyarakat umum baik ibu rumah tangga, mahasiswa/i, pelajar dan banyak lainnya. Banyaknya kemudahan dalam berbelanja dan bermacam jenis produk dan jasa yang dipasarkan melalui website atau aplikasi mobile dan ditawarkan melalui alat promosi seperti adanya diskon dan gratis ongkir se-Indonesia yang membuat para masyarakat tertarik dan justru berlomba-lomba belanja menggunakan online shop untuk memenuhi kebutuhan sandang, papan dan pangan mereka. Pembahasan dalam penelitian berkaitan dengan ilmu ekonomi khususnya dalam ekonomi mikro yaitu tentang pendapatan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pendapatan dan ekonomi islam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pedagang pakaian di pasar lama Panyabungan yang terdiri dari 16 pedagang dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak online shop terhadap pendapatan pedagang pakaian di pasar lama Panyabungan sangat lah berpengaruh negatif bagi pendapatan pedang pakaian. Para pedagang mengalami penurunan pendapatan, dan sepi pelanggan karena sudah ada pesaing lebih canggih yang tengah di gemari masyarakat melalui smartphone. Sebelum datangnya online shop para pedagang mempunyai penghasilan Rp. 300.000,00 per harinya dan sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari, namun sesudah adanya online shop pendapatan pedagang mengalami penurunan Rp. 100.000,00 per harinya. Biasanya para pedagang kedatangan pelanggan 7-10 orang perharinya namun setelah kedatangan online shop pelangganya menjadi berkurang dan sepi. Dari hasil yang peneliti lakukan di lapangan terlihat bahwa para pedagang pakaian di pasar sangat terancam dengan kedatangannya online shop.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Sarmiana Batubara, M.A dan M. Fauzan, M.E.I |
Keywords: | Dampak online shop; Pedagang pakaian di pasar |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 05:17 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 05:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10538 |
Actions (login required)
View Item |