Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media realia pada pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2000206 Kampung Darek Kota Padangsidimpuan

Amalia, Septina (2024) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan media realia pada pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2000206 Kampung Darek Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini sebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang digunakan belum bervariasi dan pembelajaran masih berpusat kepada guru. Oleh karena itu, perlu adanya upaya yang dilakukan yaitu upaya media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan agar siswa lebih berminat dan bersemangat untuk melaksanakan pembelajaran sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bangaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media Realia materi indra pengecap di SD 200206 Kampung Darek Kota Padang Sidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan media Realia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi yang berjumlah 26 siswa Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa butir soal tes hasil belajar kognitif dan lembar observasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan media Relia dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dilihat dari hasil belajar siswa, prasiklus yaitu nilai rata-rata kelas 61,15 dengan persentase ketuntasan 31%, pada siklus I pertemuan ke-1 nilai rata-rata kelas 68,07 dengan persentase ketuntasan 38%, pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas 69,61 dengan persentase ketuntasan 50%, sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata kelas 73,03 dengan persentase ketuntasan 69%, pada pertemuan ke-2 nilai rata-rata kelas 80,38 dengan persentase 85% karena sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan maka penelitian ini diberhentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Media realia; Pembelajaran ilmu pengetahuan alam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 May 2024 08:47
Last Modified: 31 May 2024 08:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10529

Actions (login required)

View Item View Item