Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media kartu huruf bergambar pada pelajaran Bahasa Indonesia materi kosakata Kelas 1 SDN 100302 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Siti Aisiah (2023) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media kartu huruf bergambar pada pelajaran Bahasa Indonesia materi kosakata Kelas 1 SDN 100302 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak hal yang dapat menghambat hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Salah satu faktornya yaitu kurang antusiasnya siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dimana proses pembelajaran hanya fokus pada tulisan tanpa gambar,dan monoton pada guru, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru serta rendahnya minat siswa dalam belajar. Hal ini dapat kita lihat berdampak pada hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang kurang memuaskan dan masih jauh dari apa yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar siswa menggunakan media kartu huruf bergambar pada pembelajaran bahasa Indonesia materi kosakata kelas 1 SDN 100302 Pargarutan Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media kartu huruf bergambar pada pelajaran bahasa Indonsia materi kosakata kelas 1 SDN 100302 Pargarutan kecamatan angkola timur kabupaten tapanuli selatan adalah meningkat. Hal ini dapat dibuktikan bahwa Pada tes awal nilai rata-rata siswa yaitu 41,5 (29%), kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa dari 51 (35%) menjadi 62 (41%), pada siklus II dari 72 (53%) menjadi 77,4 (76%). Adapun respon siswa terhadap penggunaan media dalam proses pembelajaranya itu siswa sangat suka karena dapat menumbuhkan minat dalam belajar sekaligus dapat mengembangkan semangat siswa untuk belajar. Kesimpulannya yaitu hasil belajar Bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya penggunaan media kartu huruf bergambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa kelas I di SDN 100302 Pargarutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd
Keywords: Penggunaan; Media kartu huruf bergambar; Hasil belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 May 2024 08:18
Last Modified: 31 May 2024 08:18
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10528

Actions (login required)

View Item View Item