Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor penyebab lansia tinggal di Panti Jompo Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan

Hasibuan, Yenni (2024) Faktor-faktor penyebab lansia tinggal di Panti Jompo Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930200066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang Penelitian ini mengenai keluarga sebagai unit yang utama dalam memberikan pelayanan dan perawatan yang utama bagi orangtua di usia lanjut. Tetapi kenyataannya, masih banyak penghuni lansia di Panti Jompo Basilam Baru Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apa masalah kondisi psikologis lansia dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab lansia tinggal di Panti Jompo Basilam Baru. Penelitian ini dalam bidang Ilmu Bimbingan Konseling Islam dengan menggunakan teori Kebutuhan Maslow, yang mengatakan bahwa manusia adalah makhluk rasional yang akan mengalami proses kognitif sebelum terjadi respons. Perilaku manusia dikuasai oleh actualizing tendenzy, yaitu kecenderungan inheren manusia untuk mengembangkan diri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatatif dengan menggunakan metode deskriptif, dengan jumlah informan 17 orang, dimana data primer adalah lansia yang tinggal di Panti Jompo Basilam Baru berjumlah 14 orang dan data sekunder sebanyak 3 orang, 1 orang pengurus Yayasan dan 2 orang anak dari lansia. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara bebas, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menemukan masalah kondisi psikologis yang dialami Lansia yang tinggal di Panti Jompo Basilam Baru adalah kesepian berjumlah 7 orang, tidak memiliki teman akrab berjumlah 4 orang dan merasa tidak dihargai 3 orang. faktor-faktor penyebab lansia tinggal di Panti Jompo Basilam Baru terdapat dua faktor penyebab yang pertama faktor Internal (dari dalam diri) yang meliputi: a. Keinginan Sendiri berjumlah 2 orang, b. Ingin Memperbanyak Ibadah berjumlah 4 orang dan c. Menambah pengetahuan Agama berjumlah 3 orang. Lansia yang memilih tinggal di Panti Jompo Basilam Baru karena faktor Internal yaitu sebanyak 9 orang Lansia Kedua Faktor Eksternal (dari luar diri) sebanyak 5 orang, faktor ini dikategorikan menjadi 4 yaitu: Saran keluarga berjumlah 2 orang, kesalah pahaman dengan cucu berjumlah 1 orang, ganggguan dari cucu berjumlah 1 orang dan ajakan teman sebaya berjumlah 1 orang. Dalam penelitian ini lansia lebih dominan karena faktor Internal yaitu keinginan dari dalam diri sendiri yang berjumlah 9 orang Lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Fauzi Rizal, S.Ag., M.A dan Ali Amran, S.Ag., M.Si
Keywords: Lansia; Panti jompo; Basilam Baru
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 May 2024 03:15
Last Modified: 30 May 2024 03:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10522

Actions (login required)

View Item View Item