Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan membaca nyaring menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD N 14 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu

Alfina, Rika (2024) Peningkatan kemampuan membaca nyaring menggunakan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD N 14 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500112.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II SD N 14 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Hal ini disebabkan Penggunaan Metode pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan hasil pengamtan awal terungkap adanya masalah yang sering muncul seperti siswa kurang aktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, pembelajjaran masih di dominasi oleh guru, kurang memiliki kegemaran membaca dan sebagian siswa kurang mampu dalam membaca (masih terbata-bata). Maka dengan penggunaan media cerita bergambar ini dapat meningkatkan kemampuan membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media cerita bergambar dapat meningkatkan hasil kemampuan membaca nyaring pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD N 14 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat meningkatkan hasil kemampuan membaca nyaring pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SD N 14 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan media cerita bergambar, yang berisi tahapan perancanaan, tahap pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 14 Panai Tengah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai hasil kemampuan membaca nyaring siswa. Pada kondisi awal nilai rata-rata adalah 59,37 dan ketuntasan klasikal sebesar 37,5%, setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media cerita bergambar pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 65,93 dan ketuntasan secara klasikal 37,5%. Siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 78,75 dan ketuntasan secara klasikal 87,5%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, S.Pd.I., M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum
Keywords: Kemampuan membaca nyaring; Media cerita bergambar; Sekolah dasar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2024 07:48
Last Modified: 29 May 2024 07:48
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10518

Actions (login required)

View Item View Item