Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pendekatan saintifik berbantu media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak di Kelas IV SD Negeri 2000503 Pijorkoling

Zuliana, Monalisa (2023) Penerapan pendekatan saintifik berbantu media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak di Kelas IV SD Negeri 2000503 Pijorkoling. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 200503 Pijorkoling Padangsidimpuan. Hal ini disebabkan penggunaan pendekatan pembelajaran yang tidak sesuai. Mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat digunakan pendekatan saintifik berbantu media gambar yang mengharuskan siswa lebih aktif selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pendekatan saintifik berbantu media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 200503 Pijorkoling Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak melalui pendekatan saintifik di kelas IV SD Negeri 200503 Pijorkoling Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus, dalam setiap siklus 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berbantu media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 200503 Pijorkoling Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dengan pada tes awal persentase ketuntasan belajar 33,33% (5 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 65. Pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 46,66% (7 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70,33. Pada siklus I pertemuan II ketuntasan belajar klasikal sebesar 53,33% (8 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata 75. Sedangkan pada siklus II pertemuan I persentase ketuntasan klasikal sebesar 60% (9 dari 15 siswa) dengan nilai rata rata sebesar 79,33. Dan siklus II pertemuan II ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 80% (12 dari 15 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 83,66. Dari siklus II data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentase paling tinggi 80% maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Pendekatan pembelajaran; Pendekatan saintifik; Media gambar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2024 03:25
Last Modified: 29 May 2024 03:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10512

Actions (login required)

View Item View Item