Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran pair checks dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam siswa MTs S Jabal Lubuk Raya Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan

Ritonga, Wahyu Azhari (2024) Penerapan model pembelajaran pair checks dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan Agama Islam siswa MTs S Jabal Lubuk Raya Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100187.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dikelas IX MTs S Jabal Lubuk Raya Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Hal ini dapat diketahui melalui hasil belajar siswa yang tidak mencapai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih menunjukkan kekurangan dan proses pembelajaran berjalan dengan monoton dan juga tidak adanya model pembelajaran yang diterapkan sehingga hal ini berakibat pada minat belajar yang dicapai oleh siswa. Salah satu cara yang bisa dikembangkan oleh guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks. Penelitian ini bertujuan dalam proses pembelajaran untuk memicu meningkatnya hasil belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Rukun Iman. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi Rukun Iman siswa kelas IX MTs S Jabal Lubuk Raya Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan metode siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes . Metode observasi digunakan untuk melihat aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks. sedangkan metode tes digunakan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Pair Checks. Hasil penelitian ini terbukti pada saat sebelum dilakukannya tindakan nilai ketuntasan hasil belajar siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 15%. Pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa tuntas sebanyak 7 siswa dengan persentase 35%. Kemudian siklus II peningkatan hasil belajar siswa tuntas sebanyak 16 siswa dengan persentase 80. Hal ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Pair Checks Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IX MTs S Jabal Lubuk Raya Kecamatan Angkola Timur Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun Pelajaran 2023. Dengan kata lain siswa sudah mencapai peningkatan hasil belajar. Dengan demikian hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Dame Siregar, M.A dan Dr. Almira Amir, M.Si
Keywords: Hasil belajar; Model pair checks
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 May 2024 09:00
Last Modified: 28 May 2024 09:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10509

Actions (login required)

View Item View Item