Alwi, Ahmad (2024) Penggunaan media sosial YouTube sebagai sarana dakwah di kalangan mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1930100021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Adanya fenomena juru dakwah yang berdakwah melalui media sosial YouTube, memberikan jalan penulis untuk melakukan penelitian ini pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2020-2021 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, yang mana sesuai dengan bidangnya mahasiswa KPI harus menyadari potensi media sosial YouTube untuk menyebarkan informasi dakwah ke khalayak ramai. Ada dua Tujuan dari penelitian ini, yang pertama untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial YouTube sebagai sarana dakwah di kalangan mahasiswa KPI angkatan 2020-2021, yang kedua untuk mengetahui apa saja motif penggunaan media sosial YouTube sebagai saran dakwah di kalangan mahasiswa KPI angkatan 2020-2021. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif menggambarkan fenomena atau kenyataan yang ada, dan memperhatikan kualitas, karakteristik dan keterkaitan antar kegiatan. Kajian teori yang digunakan adalah Uses and Gratifications Theory yaitu teori yang memperhatikan apa yang dilakukan khalayak terhadap media yang digunakan, kemudian pada penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa KPI angkatan 2020-2021 sudah menggunakan YouTube sebagai sarana dakwah dengan mengunggah beberapa konten dakwah di YouTube Channel masing-masing, namun sebagian besar konten dakwah tersebut merupakan kebutuhan tugas kuliah yang apabila tugas tersebut terpenuhi, konten dakwah yang sudah ada tidak dilanjutkan. Kemudian motif yang mendasari penggunaan YouTube dalam berdakwah yaitu motif kebutuhan mahasiswa, motif jumlah penonton dan subscriber, dan motif hiburan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Juni Wati Sri Rizki, S.Sos., M.A dan Nurfitriani M. Siregar, M.Kom.I |
Keywords: | Media sosial; Sarana dakwah; Mahasiswa; Youtube |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 28 May 2024 07:57 |
Last Modified: | 28 May 2024 07:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10506 |
Actions (login required)
View Item |