Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media sosial Instagram sebagai sarana dakwah di kalangan mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Febriyani, Siti Aisyah Artina (2024) Penggunaan media sosial Instagram sebagai sarana dakwah di kalangan mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1930100006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih, internet melahirkan banyak jejaring sosial dengan keunggulan dan daya tarik yang bermacam-macam.Mudahnya proses pengiriman informasi dalam aktivitas bermedia sosial membuat banyak orang menganggap bahwa jejaring sebagai kebutuhan dan kebiasaan sebagai sarana menyebarkan momen dan hal-hal yang sedang populer kepada khalayak. Media sosial tidak lagi sekadar untuk membuka jaringan di pergaulan dunia maya, melainkan memberikan dampak yang cukup di berbagai bidang diantaranya, sebagai sarana dakwah.Instagrammenjadi salah satu media sosial untuk sarana dakwah bagi mahasiswa.Penelitianini membahas tentang bagaimana Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Angkatan 2020-2021 Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan menggunakan Instagram sebagai sarana dakwah dan apa saja alasan mahasiswa menggunakan Instagram sebagai sarana dakwah.Ada dua tujuan dalam penelitian ini, pertama untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial Instagram sebagai sarana dakwah. Kedua, untuk mengetahui apa saja alasan mahasiswa menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana dakwah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pisau analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalahteori Uses and Gratifications. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan Instagram sebagai sarana dakwah. Dalam proses penggunaannya Instagramsebagai sarana dakwah dapat berupastory dengan caption yang memuat pesan dakwah,merepost pesan dakwah melalui instastory, dan menggungahfoto atau video dengan caption yang memuat pesan dakwah. Alasan yang mendasari Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana dakwah ialah Instagram menampilkan fitur yang menarik, jangkaun yang cukup luas, dan Instagram tidak terikat oleh waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Juni Wati Sri Rizki, S.Sos., M.A dan Nurfitriani M. Siregar, M.Kom.I
Keywords: Media sosial; Sarana dakwah; Mahasiswa; Instagram
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 28 May 2024 03:54
Last Modified: 28 May 2024 03:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10501

Actions (login required)

View Item View Item