Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae Kota Padangsidimpuan

Suryana, Maya Adinda (2024) Penerapan model project based learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500145.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun latar belakang masalah mengungkapkan judul, bahwa berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V di SD Negeri 200402 Sabungan Jae Kota Padangsidimpuan menjelaskan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi, metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa yang mengerti saja yang aktif sedangkan yang tidak mengerti tetap pasif. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat peningkatan terhadap motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran project based learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae Kota Padangsidimpuan. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teori Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200402 Sabungan Jae Kota Padangsidimpuan. Dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 21 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket dan lembar observasi. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, setiap siklus II pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siwa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari kondisi awal sampai dengan pelaksanaan siklus I dan siklus II. Rata-rata motivasi belajar siswa sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning berada pada kategori rendah, yaitu dengan nilai 53. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan I motivasi belajar siswa masih rendah dengan nilai rata- rata 59, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi kategori sedang dengan nilai rata-rata 68. Pada siklus II petemuan I motivasi belajar siswa mulai meningkat menjadi kategori tinggi yaitu dengan nilai rata-rata 78. Selanjutnya mengalami peningkatan lagi pada siklus II pertemuan II menjadi kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 86 atau 86% dari 21 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas V SD Negeri 200402 Sabungan Jae Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Model pembelajaran project based learning; Motivasi belajar siswa; Pembelajaran ilmu pengetahuan alam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 May 2024 01:56
Last Modified: 27 May 2024 01:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10487

Actions (login required)

View Item View Item