Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe thinkpair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kelas VIII MTs Negeri 3 Padangsidimpuan

Harahap, Sapra Wani (2023) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe thinkpair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di Kelas VIII MTs Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal pada materi sistem persamaan linier dua variabel, hal ini disebabkan kurangnya minat siswa terhadap pelajaran matematika,kurang sesuainya model pembelajaran yang digunakan, dan tidak adanya keinginan siswa untuk mengulang pelajaran di rumah sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel yang diberikan, hal ini dibuktikan dengan hasil pretest yang dilakukan peneliti baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Selain itu, guru masih menggunakan metode teacher centered, dimana aktivitas siswa lebih sedikit dibandinkan guru, siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan dari guru, dan apabila diberikan soal yang sedikit berbeda mereka merasa kesulitan. Kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik adalah pemecahan masalah yang bukan sekedar melihat hasil akhir, tetapi lebih mengutamakan proses atau tahap-tahapan yang digunakan dalam menyelesaikan suatu permasalahan, namun pada kenyataannya berbanding terbalik. Maka dari itu peneliti meneliti pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII MTs Negeri 3 Padangsidimpuan, alasan peneliti mengambil model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share adalah dalam model Think Pair Share memuat komponen-komponen yang mengharuskan siswa untuk aktif dalam pembelajaran serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII MTs Negeri 3 Padangsidimpuan, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII MTs Negeri 3 Padangsidimpuan untuk digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Padangsidimpuan, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan VIII-3 sebagai kelas kontrol di MTs Negeri 3 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd
Keywords: Model kooperatif tipe think pair share; Kemampuan pemecahan masalah matematis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 May 2024 09:53
Last Modified: 17 May 2024 09:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10484

Actions (login required)

View Item View Item