Rambe, Reviana (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika Kelas X MAN Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920200045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya siswa kelas X MAN Tapanuli Selatan, rendahnya hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh ketidak aktifan siswa dalam pembelajaran dan matematika masih dianggap pelajaran yang sulit untuk dipahami oleh siswa karena cara proses mengajar guru kurang efektif dalam mengaplikasikan model pembelajaran yang menarik, sehingga hasil belajar matematika siswa pada aspek kognitif tergolong rendah dibawah KKM. Salah satu model yang inovatif bisa digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran ini merupakan salah satu model yang berguna sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika kelas X MAN Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah kelas X dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Dan instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberi perlakuan khusus yaitu pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Data dan analisis dengan uji t setelah terpenuhi normalitas dan homogenitas hasil penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar matematika kelas X MAN Tapanuli Selatan dapat dibuktikan dari hasil jawaban siswa dari soal pretest dan posttest setelah melakuka analisis data atau uji hipotesis. Pada hasil tersebut memiliki perbedaan yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana perbedaan hasil balajar matematika siswa di kelas kontrol tidak jauh berbeda atau dapat dikatakan peningkatannya sangat rendah antara hasil pretest dengan hasil posttest. Sedangkan di kelas ekperimen memiliki peningkatan hasil belajar matematika siswa sangat signifikan antara pretest dengan posttest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran problem based learning; Hasil belajar matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 May 2024 09:26 |
Last Modified: | 17 May 2024 09:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10482 |
Actions (login required)
View Item |