Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan hasil belajar matematika siswa menggunakan model discovery learning dengan inquiry learning pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel di Kelas X SMA Swasta Tunas Bangsa Balai Jaya Riau

Andriany, Heni (2023) Perbandingan hasil belajar matematika siswa menggunakan model discovery learning dengan inquiry learning pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel di Kelas X SMA Swasta Tunas Bangsa Balai Jaya Riau. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, jadi penggunaan discovery learning dan inquiry learning ini agar siswa menjadi lebih aktif lagi dalam proses belajar mengajar. Kedua Model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran dengan konsep penemuan, dimana siswa lebih banyak berperan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dari hasil belajar matematika siswa menggunakan model discovery learning dan inquiry learning pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan jenis desain penelitian Randomized Control Group Pretest Posttest Desaign. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Swasta Tunas Bangsa, sedangkan sampelnya adallah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen I dengan model pembelajaran discovery learning dan X-2 sebagai kelas eksperimen II dengan model pembelajaran inquiry learning. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa gain (peningkatan) hasil belajar siswa yang diajar dengan model discovery learning dan inquiry learning tidak memiliki perbedaan, yang mana gain dari kedua kelas eksperimen sama-sama termasuk dalam kategori sedang. Pada uji Independent Sample T-Test didapatkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) > dari 0,05 yaitu 0,869 > 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model dicovery learning dan inquiry learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd
Keywords: Hasil belajar matematika; Discovery learning; Inquiry learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 May 2024 08:26
Last Modified: 17 May 2024 08:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10480

Actions (login required)

View Item View Item