Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh bermain game online terhadap pelaksanaan ibadah shalat remaja di Kelurahan Simatorkis Sisoma Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Harahap, Melda Sri Yanti (2023) Pengaruh bermain game online terhadap pelaksanaan ibadah shalat remaja di Kelurahan Simatorkis Sisoma Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100264.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tingginya aktivitas bermain game online di kalangan remaja, yang menjadi perhatian serius. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran aktivitas bermain game online remaja di Kelurahan Simatorkis Sisoma Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan? (2) Bagaimana gambaran pelaksanaan ibadah shalat remaja di Kelurahan Simatorkis Sisoma Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan? (3) Apakah ada pengaruh bermain game online terhadap pelaksanaan ibadah shalat remaja di Kelurahan Simatorkis Sisoma Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 240 remaja, dan pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 25% dari populasi, yaitu 60 remaja. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumentasi. Untuk pengujian hipotesis, digunakan analisis korelasi product moment, regresi linier sederhana, dan uji t. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bermain game online dengan pelaksanaan ibadah shalat remaja di Kelurahan Simatorkis Sisoma Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Aktivitas bermain game online pada remaja mencapai 77,61% dalam kategori kuat, sedangkan pelaksanaan ibadah shalat remaja sebesar 47,33% dalam kategori tidak kuat. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji koefisien korelasi product moment yang menghasilkan nilai r = -0,487 > r_tabel = -0,254, menandakan korelasi yang negatif. Selanjutnya, analisis regresi linear menunjukkan persamaan regresi Ŷ= 50,746 - 0,480X, dengan t_hitung > t_tabel = (-4,249) > (-2,001), menunjukkan signifikansi analisis tersebut. Dengan demikian, hipotesis nol ditolak, mengindikasikan bahwa hipotesis alternatif diterima, dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bermain game online dengan pelaksanaan ibadah shalat remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Game online; Ibadah shalat
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 May 2024 08:13
Last Modified: 17 May 2024 08:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10479

Actions (login required)

View Item View Item