Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Urgensi salat berjamaah dalam pembentukan akhlakul karimah bagi siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Hajijah Amalia Sari Kelurahan Batunadua Julu Kota Padangsidimpuan

Harahap, Mara Payung (2024) Urgensi salat berjamaah dalam pembentukan akhlakul karimah bagi siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Hajijah Amalia Sari Kelurahan Batunadua Julu Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100140.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui bagaimana Akhlakul Karimah yang dimiliki oleh siswa dan juga untuk melihat perkembangan pendidikan agama Islam melalui kegiatan keagamaan. Di sekolah formal terutama pada tingkat Madrasah Tsanawiyah kegiatan agama sangat perlu, karena bimbingan dan arahan dari guru agama serta seluruh pihak sekolah sangatlah berpengaruh bagi karakter siswa. Kurangnya perhatian pendidikan agama yang siswa dapatkan ketika di rumah akan mempengaruhi karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui urgensi pelaksanaan salat berjamaah dalam pembentukan Akhlakul Karimah siswa di Madrasah Tsanawiyah Hajijah Amalia Sari Kelurahan Batunadua Kota Padangsidimpuan.Untuk mengetahui kendala yang terjadi dalam pembentukan Akhlakul Karimah siswa melalui pelaksanaan salat berjamaah di Madrasah Tsanawiyah Swasta Hajijah amalia sari. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskriptif karena data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Dengan demikian laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian penelitian lapangan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Hajijah Amalia Sari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan salat berjamaah dalam pembentukan Akhlakul Karimah siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Hajijah Amalia Sari sudah dapat terlaksana dengan baik , khusunya dari syarat-syarat yang ada dikajian teori peneliti mulai dari jumlah, niat bermakmum, imam, penghalang, ketinggian, imam berada di depan dan tidak berjauhan dalam pelaksanaan salat, hal ini dapat dilihat dari wawancara peneliti dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, beberapa guru, ustad pengasuh asrama dan beberapa siswa kelas IX, dengan observasi dan wawancara yang peneliti lakukan oleh sebab itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan salat berjamaah dalam pembentukan Akhlakul Karimah siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Hajijah Amalia Sari sudah terlaksana dengan baik tentunya atas kerja keras semua pihak yang terkait, begitu juga dengan karakter religius para siswa yang semakin lama semakin membaik hal itu dapat dilihat dari indikator yang peneliti nilai yaitu , beriman, bertaqwa, berakhlak mulia dan beramal shaleh. Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan salat berjamaah untuk membentuk Akhlakul Karimah siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Hajijah Amalia Sari, adalah kurangnya kesadaran para siswa, dimana siswa harus selalu diatur oleh guru, lalai dan terlalu asyik dalam bermain, kurangnya arahan dan peraturan mengenai salat berjamaah serta fasilitas yang masih kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Akhlakul karimah; Pendidikan Agama Islam; Salat berjamaah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 May 2024 07:32
Last Modified: 17 May 2024 07:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item View Item