Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh keterampilan menjelaskan materi pembelajaran terhadap minat belajar pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 2 Marbau

Sumaryani, Sumaryani (2024) Pengaruh keterampilan menjelaskan materi pembelajaran terhadap minat belajar pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 2 Marbau. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang baik dan mampu mencapai tujuan dengan maksimal adalah yang terpenting dalam pendidikan, oleh sebab itu guru harus mampu menguasai keterampilan-keterampilan dalam mengajar, yang mana salah satunya adalah keterampilan menjelaskan materi pembelajaran, dimana sebagian waktu didalam kelas dilakukan oleh guru untuk menjelaskan. Guru harus mampu menguasai keterampilan menjelaskan dengan baik agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan efektif, selain itu guru harus bisa menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, agar siswa berminat untuk belajar. Dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk menguasai setiap materi yang diajarkan dan menghubungkan pengetahuan lain yang berhubungan dengan materi yang diajarkan dan tidak lari dari materi pembelajaran. Guru juga harus mampu mengemas materi serta menyajikannya dengan sedemikian rupa agar siswa lebih mudah menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran dengan kreativitasnya, untuk itu dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan keterampilan yang harus dimiliki seorang guru dalam menjelaskan pelajaran. Adapun alasannya perlu keterampilan menjelaskan dalam pembelajaran karena kadang-kadang ketika guru memberikan penjelasan masih tidak jelas bagi muridnya, karena sumber pembelajaran yang kurang, serta tidak semua murid dapat menggali sendiri pengetahuan dari buku atau sumber lainnya sehingga diperlukan penjelasan yang lebih mengenai hal-hal tertentu, terlebih lagi hal ini pada siswa yang duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) maka sangat diperlukan bagi siswa mendapatkan penjelasan pada materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Marbau diperoleh masalah masih terdapat beberapa komponen dari keterampilan menjelaskan guru yang belum dilaksanakan seperti menggunakan metode ceramah saja ketika menjelaskan tanpa diselingi dengan hal-hal yang dapat menarik perhatian siswa dalam belajar, serta penggunaan intonasi dan ekspresi ketika menjelaskan yang tidak sesuai, serta bahasa yang susah di mengerti siswa. Hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi jenuh, kurang memperhatikan, dan tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Keterampilan Menjelaskan Materi Pembelajaran (variabel bebas/independent atau variabel X) yang mempengaruhi dan Minat Belajar PAI Siswa (Variabel dependent/ terikat atau variabel Y). Dimana penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan menjelaskan materi pembelajaran guru terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Marbau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Prof. Dr. H. Syafnan, M.Pd dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Keterampilan menjelaskan; Minat belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 May 2024 04:19
Last Modified: 17 May 2024 04:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10476

Actions (login required)

View Item View Item