Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pembelajaran model polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan teorema pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri I Kepenuhan

Daulay, Pengadilan (2023) Penerapan pembelajaran model polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan teorema pythagoras di Kelas VIII SMP Negeri I Kepenuhan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan matematis siswa pada materi teorema pythagoras. Hal tersebut disebabkan kurangnya pemecahan siswa terhadap pelajaran mengakibatkan ketidakmampuan dalam menyelesaikan soal tersebut, dengan demikian peneliti meyakini bahwa dengan penerapan model pembelajaran polya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan matematis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan matematis dengan model polya dan apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan matematis dengan model polya pada materi teorema pythagoras di kelas VIII SMP N 1 kepenuhan. Sehingga yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan model polya terhadap kemampuan pemecahan siswa dan untuk mengetahui apakah melalui penggunaan model polya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan siswa pada materi teorema pythagoras di kelas VIII SMP N 1 kepenuhan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua Siklus yaitu Siklus I dengan dua pertemuan dan Siklus II dengan satu pertemuan. Dalam hal ini peneliti berfungsi sebagai guru sekaligus observasi. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes dalam bentuk essay tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan matematis siswa meningkat. Hal ini dilihat dari nilai dan aktivitas siswa dimulai dari pretes dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 19%(3 dari 16 siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 59,37, Siklus I Pertemuan I, persentase ketuntasan siswa 44%(7 dari 16 siswa) dengan nilai rata-rata 60,93, Siklus I Pertemuan II, Persentase ketuntasan siswa 69%(11 dari 16 siswa) dengan nilai rata-rata 75 dan Siklus II Pertemuan I, persentase ketuntasan siswa 94%(15 dari 16 siswa) dengan nilai rata-rata 85,93. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model polya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP N 1 kepenuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Dr. Anita Adinda, M.Pd
Keywords: Polya; Kemampuan pemecahan ; Teorema pythagoras
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 May 2024 02:07
Last Modified: 17 May 2024 03:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10473

Actions (login required)

View Item View Item